Tuesday 12 March 2019

Panduan Penyusunan E-Modul Sebagai Media Belajar


Panduan Penyusunan E-Modul


Penggunaan media dan sumber belajar menjadi salah satu bagian dari komponen yang mempengaruhi proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran saat ini menekankan pada keterampilan proses dan active learning, maka media pembelajaran menjadi semakin penting (Tejo Nursito, 2011:20). Untuk itu diperlukan media yang dapat menimbulkan daya tarik peserta didik dalam menyerap materi. Salah satu media yang dapat dikembangkan adalah modul pembelajaran interaktif berupa elektronik modul (e-Modul). E-modul dapat memfasilitasi peserta didik dalam belajar mandiri maupun konvensional. Pemanfaatan dan pemberdayaan e-modul untuk menunjang pembelajaran merupakan suatu keniscayaan, bukan hanya untuk meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran, tetapi yang lebih penting adalah untuk meningkatkan penguasaan materi baik guru maupun peserta didik.

E-Modul dilengkapi petunjuk untuk belajarmandiri, sehingga peserta didik dapat belajar sesuai dengan kemampuannya dan dapat memenuhi seluruh kompetensi yang harus dikuasainya. E-Modul merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya (Depdiknas, 2008:3).

E-Modul melalui multimedia dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik dan lebih interaktif, mampu menyampaikan pesan historis melalui gambar dan video, menambah semangat belajar peserta didik melalui instrumentalia,  mengembangkan indra auditif atau pendengaran peserta didik, sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dimengerti.

Hakikatnya e-Modul hendaklah menjadi sumber informasi yang mudah di cermati dan digunakan. Pada dasarnya media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan, atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju (Arsyad, 2006:4). Media yang baik seharusnya adalah media yang cara peggunaannya mudah dioperasikan, instruksi yang disampaikan mudah dimengerti dan mudah ditanggapi oleh peserta didik. Penyajian bahan pelajaran, bahasa yang digunakan membuat peserta didik merasa akrab dengan e-Modul serta termotivasi untuk mempelajarinya, karena salah satu karakteristik e-Modul adalah user friendly atau mudah digunakan.

Untuk lebih jelasnya, berikut panduan penyusunan E modul sekaligus panduan dalam pengembangannya.



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ............................................................................................................................. i
DAFTAR ISI .......................................................................................................................................... ii
DAFTAR  GAMBAR ........................................................................................................................... iv
DAFTAR TABEL .................................................................................................... v
I. PENDAHULUAN .............................................................................................................................. 1
A. Latar Belakang ...................................................................................................... 1
B. Tujuan.................................................................................................................... 2
C. Sasaran .................................................................................................................. 2
II.  HAKIKAT  e-MODUL ................................................................................................................... 3
A. Pengertian Modul dan e-Modul ............................................................................ 3
B.  Karakteristik e-Modul .......................................................................................... 3
C. Keunggulan e-Modul............................................................................................. 3
III. PROSEDUR PENYUSUNAN e-MODUL ................................................................................... 5
A. Tahap Analisis Kebutuhan e-Modul ..................................................................... 5
B. Tahap Desain e-Modul .......................................................................................... 6
IV. MEMBUAT e-MODUL ............................................................................................................... 12
A. Jenis Format ........................................................................................................ 12
B. Pemilihan Format ................................................................................................ 13
C. Aplikasi Pemformatan ........................................................................................ 14
D. Pengaturan Teks di Ms. Word Sebelum diubah ke ePub .................................... 14
1. Pengaturan Paragraf ................................................................................... 14
2. Pengaturan Simbol, Subscripts, dan Superscripts ..................................... 15
3. Mengatur Heading Pada Teks ................................................................... 15
4. Membuat Numbering Bertingkat ............................................................... 16
E. Pemanfaatan Plugins ePUBTools ( Versi Ms. Word 2013 ke atas) .................... 17
F. Pembuatan e-Modul dengan Aplikasi Sigil ........................................................ 19
1. Tahap Instalasi ........................................................................................... 19
2. Persiapan Pembuatan e-Modul .................................................................. 20
3. Membuat e-modul dengan Sigil ................................................................ 21
G. Uji Validasi ......................................................................................................... 29
V. PENUTUP ...................................................................................................................................... 31
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................................... 32
LAMPIRAN ......................................................................................................................................... 33

0 komentar:

Post a Comment